STRATEGI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM OPTIMALISASI KOMUNITAS BELAJAR
Abstract
Ketimpangan kompetensi antar pendidik di SMAN 23 Bandung menuntut pengembangan ekosistem dan budaya belajar yang merata untuk meningkatkan kualitas pembelajaran semua peserta didik. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMAN 23 Bandung bertujuan untuk mengoptimalkan strategi kepemimpinan pendidikan guna membentuk sebuah komunitas belajar yang dinamis dan efektif. Menggunakan kerangka Learning Journey Canvas, perencanaan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMAN 23 Bandung dirancang dari tujuan akhir ke proses, untuk menciptakan program yang sistematis dan berdampak langsung terhadap pembelajaran. Berhasilnya SMAN 23 Bandung dalam membentuk Komunitas Belajar pasca Pengabdian Kepada Masyarakat menunjukkan keselarasan program kerja dengan pemecahan masalah pendidikan dasar yang telah diidentifikasi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan pendekatan Learning Journey Canvas di SMAN 23 Bandung berdampak positif dengan memastikan komitmen kepemimpinan sekolah dan fokus pada perbaikan berkelanjutan proses belajar mengajar.