ANALISA MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN
Abstract
Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) merupakan salah satu penyelenggara pendidikan non-formal yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu aspek penting dalam pengelolaan LKP adalah manajemen pembiayaan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengidentifikasi, menganalisis, dan merumuskan strategi terkait manajemen pembiayaan pendidikan di LKP ROSE MANDIRI. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dan prosedur manajemen pembiayaan pendidikan di LKP ROSE MANDIRI sudah bagus namum masih belum optimal. Faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pembiayaan pendidikan di LKP ROSE MANDIRI adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi visi dan misi LKP, struktur organisasi, sumber daya manusia, sistem dan prosedur keuangan, teknologi informasi. Faktor eksternal meliputi kondisi ekonomi, kebijakan pemerintah, persaingan, kebutuhan masyarakat. Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi manajemen pembiayaan pendidikan di LKP ROSE MANDIRI adalah: (1) menyusun perencanaan anggaran yang matang dan realistis, (2) menggunakan sistem dan prosedur keuangan yang baik, (3) memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola keuangan, (4) melakukan monitoring dan evaluasi anggaran secara berkala, (5) mencari sumber pembiayaan alternatif, (6) meningkatkan efisiensi biaya operasional, dan (7) menggunakan dana secara transparan dan akuntabel.
Downloads
References
Raharjo, 2010, Triangulasi dalam penelitian Kualitatif. http://repository. uinmalang.ac.id/1133/1/triangulasi.pdf
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dirjen PAUDNI. (2012). Pedoman Akreditasi Lembaga Kursus dan Pelatihan.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hamzah, B. U. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2009). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan
Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta:
Diva Press.
Siregar, E. (2013). Evaluasi Program dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Suyanto, S., & Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.
Tirtarahardja, U., & La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka
Cipta.
Uno, H. B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.