GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMPN 2 AGRABINTA

Authors

  • Alivia Nurul Fauzasari SMA Awwalulhuda Author
  • Fitria Faiza SMP IT Al-istiqomah Author
  • Nursyifa Aprilia Dewi Yayasan Ar-rohmah Author

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah menganalisis bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas mengajar serta keprofesionalan saat bekerja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode fenomenologi, yaitu penelitian yang identik dengan penggambaran dan pendeskripsian dari data yang didapatkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Pemimpin yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kepala sekolah selaku jabatan tertinggi di salah satu lembaga pendidikan yaitu sekolah. Tanggungjawab yang dimiliki kepala sekolah tidak hanya pada siswa saja namun seluruh elemen dalam sekolah berada dalam lingkup tanggungjawab dan wewenangnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SMPN 2 Agrabinta tidak memperoleh motivasi dari kepala sekolah sebagai pemimpin sehingga para guru mengalami penurunan terhadap motivasi dalam bekerja. Kepala sekolah di SMPN 2 Agrabinta belum memiliki gaya kepemimpinan yang tepat untuk meningkatakan motivasi dan menjaga profesionalitas guru dalam bekerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-01-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMPN 2 AGRABINTA. (2024). Journal of Educational Management Research and Scientific Study, 1(1), 39-44. https://ojs.idipri.or.id/index.php/JEMARI/article/view/12

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>