KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN
Abstract
Artikel ini membahas pentingnya kurikulum pendidikan Islam yang didasarkan pada al-Qur'an dan hadits sebagai sumber utama. Kurikulum ini harus mencakup aspek agama dan kehidupan yang seimbang antara dunia dan akhirat. Terdapat lima prinsip utama dalam merumuskan kurikulum pendidikan Islam, yaitu pendidikan rohani, tuntunan hidup yang baik, keilmuan, manfaat praktis, dan keterkaitan dengan mata pelajaran lainnya. Al-Qur'an juga memberikan petunjuk tentang pentingnya membaca dan memahami ayat-ayat Allah, baik yang berdasarkan wahyu, ada pada manusia, maupun pada alam semesta. Membaca merupakan alat komunikasi yang juga berfungsi sebagai gudang pengetahuan dan warisan budaya. Tujuan pendidikan Islam adalah menempatkan manusia sebagai hamba Allah yang setia dan khalifah Allah di bumi. Kurikulum ini juga harus mengarahkan manusia untuk mencari kebahagiaan akhirat sambil tidak melupakan dunia dan berbuat baik kepada orang lain. Dalam konteks materi, kurikulum pendidikan Islam harus konsisten dengan tujuan pendidikan tersebut. Al-Qur'an juga mendorong manusia untuk memperhatikan dan mempelajari fenomena alam sebagai tanda-tanda kebesaran Allah. Oleh karena itu, pengembangan ilmu pengetahuan berdasarkan al-Qur'an dan penalaran manusia merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan Islam. Artikel ini menekankan pentingnya pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang berbasis al-Qur'an dan hadits sebagai landasan untuk mencapai kemajuan umat manusia dalam segala aspek kehidupan.
Downloads
References
H. Ramyulis. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2008, Cet. Ke-7, hlm. 14.
Musthafa Al-Maraghi. Tafsir Al-Maraghi, Bairut: Dar Fikr, tt, juz ke-1, hlm. 30.
Imam Abi Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhari, Shahih Bukhari, Riyadh: Darussalam, 1997, Kitab al-Janaiz, Bab Ma Qîla fi aulad al-Musyrikin, No. 92/1385, hlm. 272.
Imam al-Hafidz abi Abdillah Muhammad bin Yazid ar-Rob’iyyi, Sunan Ibn Majah, Arab Saudi: Darussalam, 1999, Bab Muqaddamah No. 27/223, hlm. 34.
Abi Isa Muhmmad bin Isa bin Surah al-Tirmidzy. Sunan al-Tirmidzi, (Khalid Abdu al-Ghany Mahfudz), Beirut, Libanon, Dar al-Kutub Al-ilmiyah, Cet. I, 2003, hlm. 624-631.
Imam Abi Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhari, Shahih Bukhari, Riyadh: Darussalam, 1997, Kitab al-Al-Ilmu, Bab Maa Kaana an-Nabi…, No. 11/69, hlm. 20.
Armai Arief. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Ciputat Pres, Jakarta, 2002, hlm. 108-196
Al-Maraghi, Ahmad Musthafa al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi, Penerjemah Hery Noer Ali, Semarang: Toha Putra, 1989 .
Al-Munawar, Said Agil Husin, Al-Qur‟an Membangun Tradisi Kesalehan yang Hakiki, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Aktualisasi Nilai-nilai al-Qur‟an dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2003.
Ar-Razi, Abu Muhammad Abdurrahman bin Aby Hatim, Tafsir Ibn Aby Hatim, Mesir: Daar An-Nasyr, tt.
As-Suyuthi, Abdurrahman bin Aby Bakr, Ad-dar al-Mantsur fi At-tafsir bi Al-ma‟tsur, Mesir: Daar Hijr, 2003.
Asy-Syaukani, Fathul Qodir, tt.
Ath-Thobari, Abu Ja’far, Jami‟ Bayan fi Ta‟wil al-Qur‟an, Mesir: Muassasah ar-Risalah, 2000.
https://insists.id/konsep-dan-sistem-pendidikan-islam-1/#_ftn9
https://www.google.com/search?q=kurikulum+pendidikan+berbasis+alqur’an