PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP EFIKASI DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN IPA BIOLOGI MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA
Abstract
Kemampuan berpikir kritis siswa dalam kegiatan belajar mengajardalam materi sistem pencernaan manusia masih rendah, dimana siswa kurang terampil dalam mengumpulkan dan menganalisis data dan fakta yang relevan, mengidentifikasi masalah sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah dengan alternatif yang sesuai dengan logika. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengimplementasikan Efikasi diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terisi Dan SMP Negeri 2 Sindang Kabupaten Indramayu dengan penggunaan media pembelajaran audiovisual pada materi sistem pencernaan manusia, 2) untuk mengukurkemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terisi Dan SMP Negeri 2 Sindang Kabupaten Indramayu setelah penggunaan media pembelajaran audiovisual pada materi sistem pencernaan manusia 3) untuk mengukur pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap Efikasi diri pada materi sistem pencernaan manusia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terisi Dan SMP Negeri 2 Sindang Kabupaten Indramayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling di dapat 2 kelas yang masing masing berjumlah 35 siswa untuk kelas eksperimen dan 35 siswa untuk kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket self efikasi, tes essay kemampuan berpikir kritis, dan lembar observasi aktivitas guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh t hit > t daf (1,67), maka terima Hi artinya bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pencernaan manusia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terisi Dan SMP Negeri 2 Sindang Kabupaten Indramayu. Dari perhitungan uji t diatas didapat t hitung = 4,957 sedangkan t tabel pada taraf kepercayaan 95% (signifikansi 5%) dengan dk pembilang adalah 1,70. Karena t hitung (4,957) > t tabel (1,70) Hi diterima artinya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap self efikasi pada materi sistem pencernaan manusia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terisi Dan SMP Negeri 2 Sindang Kabupaten Indramayu.. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) deskripsi efikasi diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terisi Dan SMP Negeri 2 Sindang Kabupaten Indramayu.dengan menggunakan sistem pembelajaran media Audiovisual pada materi sistem pencernaan manusia termasuk kategori tinggi, 2) terdapat pengaruh sistem pembelajaran media audiovisual terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pencernaan manusia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Terisi Dan SMP Negeri 2 Sindang Kabupaten Indramayu, 3) terdapat pengaruh sistem pembelajaran media audiovisual terhadap efikasi diri pada materi sistem pencernaan manusia pada siswa VIII SMP Negeri 1 Terisi Dan SMP Negeri 2 Sindang Kabupaten Indramayu.