IMPLEMENTASI MODERASI BERAGAMA DI PERGURUAN TINGGI SEBAGAI UPAYA MENANGKAL TERORISME, RADIKALISME, INTOLERANSI DAN SEPARATISME
Abstract
Perguruan tinggi sangat diandalkan sebagai ujung tombak penyiapan sumber daya manusia unggul untuk membangun Indonesia yang maju, berdaulat, adil dan makmur. Namun pada kenyataannya, seperti yang dikemukakan banyak pihak, banyak perguruan tinggi yang terpapar terorisme, radikalisme, intoleransi dan separatism (TRIS). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap upaya Universitas Pasundan menangkal TRIS di kampusnya. Penelitian kualitatif dengan metode studi kasus ini melibatkan 10 mahasiswa baru, 20 mahasiswa semester enam, 2 orang dosen Pendidikan Agama Islam, dan unsur pimpinan universitas maupun yayasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa walaupun tidak secara langsung dicanangkan sebagai implementasi moderasi beragama, UNPAS telah melakukan upaya mencegah TRIS dengan menanamkan konsep moderasi beragama kepada seluruh sivitas akademikanya, yakni melakukan penguatan komitmen kebangsaan, toleransi beragama, anti kekerasan, dan apresiasi terhadap budaya lokal melalui berbagai kegiatan kurikuler, ko-kurikuler dan kegiatan kemahasiswaan (ekstra kurikuler), pembinaan dosen maupun tenaga kependidikannya. Selain itu, secara kelembagaan upaya UNPAS menangkal TRIS juga dilakukan dengan membentuk Lembaga pengkajian dan Pengembangan Syiar Islam (LPPSI), dan Lembaga Budaya Sunda (LBS). Keseluruhan upaya Unpas itu menguatkan tekad Unpas untuk membentuk sivitas akademika dan alumni yang pengkuh agamana (memiliki keimanan dan ketakwaan tangguh), Luhung elmuna (menguasai IPTEK di bidangnya), dan jembar budayana (tidak gagap budaya, tidak kehilangan jati diri).
Downloads
References
Abdallah. (2020). Kebinekaan di Menara gading: Toleransi di Perguruan tinggi. Ringkasan Eksekutif. PPIM Jakarta.
Abdi AP. (2019) Setara Institute Sebut 10 Kampus Terpapar Paham Radikalisme", https://tirto.id/d9nh (31 Mei 2019).
Abdurahman, D. (2019) Karakteristik Orang Sunda dalam Perspektif Islam dan Budaya lokal. Artikel disajikan dalam buku Bahasa dan Sastra Arab Lintas Budaya. Yogyakarta: Adab Pres. Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Cetakan I, Juni 2019.
Alfiani, A. et al. (2023) Konsep Anti-Kekerasan Pada Agama Islam dalam Membentuk Sikap Toleransi. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam Kopertais Wilayah III D.I Yogyakarta Vol. 8, No. 1, Januari-Juni 2023 – ISSN 2338-6924 (online) – ISSN 2579-4957 (cetak)
Ali, H. (2017) Potensi Radikalisme di Perguruan tinggi. ALVARA Research Center. www. Alvara- strategic.com.
Anggraena, Y., et al. (2021) Kajian Akademik, Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; Edisi 1, Februari 2021
Anwar & Romli (2022) Persepsi mahasiswa perguruan tinggi umum di indonesia tentang moderasi beragama. Penelitian penguatan kompetensi tahun 2022. 1 Desember 2022
Arikunto, S. (2002) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek: Edisi Revisi V.Jakarta
Azhari, Y. (2018) Budaya Sunda Versus Radikalisme Islam. Lensa Budaya, Vol. 13, No. 1, 2018. E-ISSN: 262 – 7273 ISSN: 0126 - 351X
Baedowi, M. & Sari, L.K. (2023) Penguatan Wawasan Kebangsaan bagi Mahasiswa Melalui Mata Kuliah Pancasila. Journal on Education.Volume 05, No. 04, Mei-Agustus 2023, pp. 16023- 16030 E-ISSN: 2654-5497. Website: http://jonedu.org/index.php/joe
Balitbang Kemenag RI. (2021)Religious Moderation. Jakarta: Research, Development, Training, and Education Agency The Ministry of Religious Affairs. www.balitbangdiklat.kemenag.go.id Second printing, November 2021
BNPT. (2018) BNPT Klaim data mahasiswa “radikal” dari penelitian. (CNN Indonesia, 31 Mei 2018)
Creswell J W. Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Pearson Education, Inc. (2012).
Direktorat PAI Kemenag (2023) Kemenag Helat Penguatan Moderasi Beragama pada Perguruan Tinggi Umum. Selasa, 25 Juli 2023
Fisip UMJ. (2019) Fisip UMJ teliti intoleransi dan radikalisme di perguruan tinggi. (Suara Muhammadiyah)
Fauzia,N., & Maslihah,S., & Wyandini,D.Z. (2020). Trisilas Local Wisdom Scale (silih asih, silih asuh, silih asah). Talenta, jurnal Psikologi. Volume 5 No 2 Maret 2020 p-ISSN: 2460-8750 e-ISSN: 2615-1731 DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v5i2.12757
Fraenkel JR, Wallen NE, Hyun. (2012) How to Design and Evaluate Research in Education. 3rd Edition. New York:Mc Graw-Hill Inc.; 2012
Manap, A.(2022). Moderasi beragama keragaman indonesia dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu Volume 13 Nomor 3 (2022), hal 229-242 DOI 10.36417/widyagenitri.v13i3.503 P-ISSN : 2302-9102 E-ISSN : 2685-7198 STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Hamdanah, et al. (2022) Pembinaan toleransi di perguruan tinggi Keagamaan Islam. Yogyakarta: K-Media
Huda MN. et al.(2019) Islam Ekslusif merebak di Kampus-kampus negeri. Jakarta: LPPM UNUSIA Jakarta;2019
Kementerian Agama RI.(2019) Moderasi Beragama. Jakarta: Kementerian Agama RI
Khoiruddin & Khulwah, J. (2023). Moderasi beragama dalam kearifan lokal pada masyarakat pesisir barat provinsi lampung. Moderatio : Jurnal Moderasi Beragama Vol.03 No.1 (2023) ISSN print : 2797-5096, E-ISSN : 2798-0731
Kumparan News. (2018) Identitas Duo Siska, Terduga Pelaku Teror yang Berbaiat ke ISIS. Kumparan NEWS. 13 Mei 2018
Kumparan NEWS. (2017) Ramai Sumpah Mahasiswa untuk Tegaknya Khilafah di Kampus IPB. Kumparan News.17 Januari 2017
Kusuma A.I., & Yasir M. (2019) 10 PTN Disebut Survei Terpapar Paham Radikalisme Berat . Suara.com. Sabtu,. 01 Juni 2019
LIPI. (2016) Radikalisme Ideologi menguasai kampus. CNN Indonesia (19 Februari 2016) http://lipi.go.id/berita/single/radikalisme-ideologi-menguasai-kampus/15082
Miles MB, Huberman AM. (1994) An Expanded Sourcebook, Qualitative data analysis. London: Sage Publications;
Mutaqin, M.I. (2023) Konsep Anti Kekerasan Perspektif Al-Qur’an dan Bibel. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol.2, No.4, Maret 2023 ISSN : 2810-0581 (online)
Nuralam C.Y. (2019) Setara Institute sebut Islam Ekslusif berkembang di 10 PTN. Medcom.id 31 Mei 2019
Nurcahyono, A. (2003). Kekerasan sebagai Fenomena Budaya: suatu Pelacakan terhadap Akar Kekerasan di Indonesia. https://media.neliti.com /media/ publications/158163-ID-kekerasan-sebagai-fenomena-budaya-suatu.pdf
Nusa, S. & Theedens, Y.M. (2022) Membangun Sikap Moderasi Beragama yang Berorientasi pada Anti Kekerasan Melalui Dialog. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 3 Tahun 2022 Halm 4208 - 4220 https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
PPIM UIN Jakarta. (2021)Potret moderasi beragama di kalangan mahasiswa muslim. (Studi di tiga kampus Jakarta, bandung, Yogyakarta). Ringkasan Eksekutif (25 Februari 2021)
Priya, A. (2021) Case Study Methodology of Qualitative Research: Key Attributes and Navigating the Conundrums in Its Application. Sociological Bulletin 70(1) 94–110, 2021 . DOI: 10.1177/0038022920970318
Raharjo, M.R. (2017) Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya. Malang:PPS UIN Maulana Malik Ibrahim
Rahmawati, C.A., et al. (2023) Toleransi beragama di perguruan tinggi. Toleransi:media komunikasi umat beragama Vol. 15, No. 1, Januari – Juni 2023
Rencana Strategis Universitas Pasundan 2017 - 2021
Rencana Strategis Universitas Pasundan 2022 – 2026
Richards, K. (2003) Qualitative inquiry in Research. Basingstoke. Palgrave: Macmillan;
Saputra, K.A. (2021) Toleransi antar umat beragama dalam budaya Sunda. Prosiding Seminar Nasional Kewarganegaraan. ISSN 2715-467X Vol 3, 22 Desember 2021, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Tersedia di: http://seminar.uad.ac.id/index.php/snk/
Sogen, P.F.D & keban, Y.B. (2022) membangun sikap moderasi beragama yang berorientasi pada anti kekerasan melalui kegiatan keagamaan. Jurnal Reinha volume 13 no.2 juli-desember 2022 issn: 2089-3159 | e-issn: 2807-2669 doi: https://doi.org/10.56358/ejr.v13i2.16476
Supardi, A. (2014) Strategi pengembangan nilai-nilai kebangsaan berbasis keagamaan pada organisasi kemasyarakatan : Penelitian Fenomenologis Terhadap Front Pembela Islam (FPI) di Kabupaten Purwakarta. TESIS, Universitas Pendidikan Indonesia.
Suprapto (2014) Paham keagamaan dosen PAI Universitas Pasundan Bandung. EDUKASI Volume 12, Nomor 3, September-Desember 2014
Suteja, J. & Ramdan, D. (2017) Dari Unpas untuk Kebaikan Peradaban. Bandung:Unpas Press.
Tanjung I. (2018) Sabtu mengejutkan di Universitas Riau, 3 Terduga Teroris dan Bom yang Dirakit di Kampus. Kompas.com 03/06/2018
Wahid Institute. (2020) Intoleransi-radikalisme cenderung naik. (Media Indonesia, 18 Januari 2020).
Wahidin D, Saefulloh NA, Lestari ZW (2023) Portraying the Implementation of Religious Moderation in Non-Religious Universities in West Java. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(1), 141-149. (2023).
Wahidin, D, & Lestari ZW.(2020) The implementation of project-based learning approach in students’ creativity programs in Indonesia. Humanities & Social Sciences Reviews eISSN: 2395-6518, Vol 8, No 3, 2020, pp 702-708 https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8375
Wahidin, D. & Romli, L.A.M. (2020) Students critical thinking development in the national sciences and mathematics competition in indonesia: a descriptive study. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia. JPII 9 (1) (2020) 106-116 http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii. doi: 10.15294/jpii.v9i1.22240
Wahidin, D. (2020) Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal di abad 21. UJMES, volume 05, number 01, Januari 2020 ISSN 2715-7407
Wahidin D. (2019) Penanganan Radikalisme melalui peningkatan kesadaran Kebhinekaan untuk memperkuat persatuan dan Kesatuan Bangsa. Seminar Nasional di Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas). September 2019
Yin, R.K. (2009) Case Study Research and Applications: Design and Methods. Sixth Edition. California: SAGE Publications, Inc.