PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL: PEMAKNAAN TUJUAN PENDIDIKAN DARI ALQUR’AN DAN HADITS

Authors

  • Yayan Rahtikawati Universitas Islam Nusantara Author
  • Maftukhin Sekolah Pascsarjana Universitas Islam Nusantara Author
  • Beni Sarbeni Sekolah Pascsarjana Universitas Islam Nusantara Author

Abstract

Suatu sistem pendidikan yang tersusun secara sistematis.Dengan proses pendidikan seseorang mampu melakukan terobosan-terobosan baru dalam masyarakat sehingga terjadi perubahan, pendidikan juga mampu memberikan pandangan hidup yang baru yang mampu menciptakan kehidupan kearah yang lebih baik. dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah rendahnya kualitas pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, Dan hal itulah yang menyebabkan rendahnya kualitas pendidikan yang menghambat penyediaan sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidangMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, yaitu digunakan untuk memaparkan: pemaknaan tujuan pendidikan dari alqur’an dan hadits pendidikan dimaknai dengan terma al-tarbiyah. Terma ini memiliki sinonim al-ta’dib dan al-ta’lim. Bahwa tujuan pendidikan dalam Islam yang digariskan dalam Al-Quran bersifat religius, tetapi agama yang dimaksudkan oleh Islam bukan hanya ber- sifat personal, melainkan juga secara inheren bersifat sosial dan kultural Tujuan akhir pendidikan adalah mencetak umat Islam yang bertaqwa yang beriman, bertakwa, berilmu, bekerja, dan berakhlak mulia dalam rangka mewujudkan amanah sebagai khalifah di bumi yang hidup dan sebagai hamba Allah SWT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd al-Fattah Jalal, Min al-Usul al-Tarbiyah fi al-Islam (Mesir: Dar al-Kutub al-Misriyah, 1977)

Abu Abdullah bin Muhammad Ismail al- Bukhari, Shahih al-Bukhari, juz 1 (Saudi Arabia: Idaratul Buhuts Ilmiah wa Ifta’ wa ad-Dakwah wa al-Irsyad, t.t.).

Al-Suyuthi, Al-Jami’ Al-Shaghir, diterjemahkan Oleh H. Nadjih Ahjad, (Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1996), Jilid V.

Arim Zufaida Amna, “HADIS SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pandangan Masyarakat Desa Besito-Kudus Terhadap Hadis Larangan Tertawa),” SYARIAH: Journal of Islamic Law 2, no. 2 (2020)

Ayub Andrihadi “HAKIKAT DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF HADITS” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan IslamVolume 3, Nomor 1, Juni(2023).

Azyumardi Azra, Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekronstruksi daN Demokratisasi. (Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2002).

Beni Ahmad Saebani dan Hendra Akhdiyat, Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: Pustaka Setia, 2009).

Hamdi Supriadi, “Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap

Tantangan Era Globalisasi” KREATIF, Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, Vol. 3, No.2, (2016).

Hasan Langgulung, Peralihan Paradigma dalam Pendidikan Islam dan Sains Sosial (Jakarta: Gaya Media Pratama), 100.

Hasbiyallah dan Moh. Sulhan, Hadist Tarbawi (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015).

Ibn ‘Abd Allah Muhammad b. Ahmad al-Ansari al-Qurtubi, Tafsir al-Qurtubi (Kairo: Durus al-Sha’b, t.t.).

Ibrahim Anis, al-Mu’jam al-Wasit (Jakarta: Angkasa, 1972).

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990).

Maulana Alam al-Hajar, Adab al-Muta’allim wa al-Muta’allim (Beirut: Dar al-Manahil,1985).

Miftahul Huda, “Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial” Vol. 10, No. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 2015.

Muhammad Munir Mursi, Al-Tarbiyah al-Islamiyyah Usuluhawa Tatawwuruha fiBilad al-‘Arabiyah (Kairo: Alam al-Kutub, 1977).

Musthalah al-Hadis, (Saudi Arabia: Darl AlFatah al-Syariqah, 1994).

Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Rake Sarasin, 1998).

Omar Mohammad al-Toumy al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 1979).

S. Husein dan S. A. Ashraf, Crisis in Muslim Education (Jeddah: King Abdul Azis University, 1979).

Samsul Nizar, “Pengantar Dasar-dasar Pendidikan Islam, Cet. I”, (Jakarta: Gaya Media Pratama),2001.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi II, Cet. IV; (Jakarta: Balai Pustaka), 1995.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), (Bandung: Citra Umbara, 2003).

Published

2024-04-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL: PEMAKNAAN TUJUAN PENDIDIKAN DARI ALQUR’AN DAN HADITS. (2024). Journal of Educational Management Research and Scientific Study, 1(1), 27-37. https://ojs.idipri.or.id/index.php/JEMARI/article/view/29

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>