MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM

Authors

  • Euis Dewi Wijayanti Universitas Islam Nusantara Author
  • Nina Rahmi Sekolah Pascsarjana Universitas Islam Nusantara Author
  • Saepul Rohim Sekolah Pascsarjana Universitas Islam Nusantara Author

Abstract

Character education sangat essensial harus ditanamkan sejak dini karena bersifat fundamental dalam kehidupan manusia. Diperlukan manajemen yang sesuai untuk peningkatan Charakter education siswa melalui penanaman nilai-nilai Islam pada MTs. YPP. Al-Choeriyah Cibeas di Kabupaten Tasikmalaya. Field research ini pendekatannya kualitatif, metode deskriptif desain kasus lapangan. Tekhnik pengumpulan data; wawancara, observasi, dokumentasi. Keabsahan data; triangulasi. Tekhnik analisi; data Reduction, display, conclusion drawing. Hasil penelitian; 1). Planing; melibatkan; pendidik, komite merencanakan program pembiasaan. 2). Organisation; pembimbing Duha, Tadarus dan Istigosah system tunjuk yang memiliki kemampuan, kesabaran, kesiapan waktu melaksanakan tugas. 3). Actuating; pendahuluan; pengkondisikan siswa. Kegiatan inti; pelaksanaan 07.00. Kegiatan penutup; do’a bersama. 4). Controling; (1).Tujuan; mengetahui tingkat kemampuan, berjalannya pembiasaan peserta didik. (2). Aspek evaluasi; dhuha; kedisiplinan, tatacara berwudhu, tatacara shalatnya. Tadarus; kaidah tajwid. Istigosah; kedisiplinan, penyimakan materi, keaktifan. (3). Jenis evaluasi; Praktek, lisan 4). Teknik evaluasi; Sistem tujuk/unjuk jari. (5). Teknik pengolahan hasil evaluasi; kehadiran, kedisiplinan, kemampuan. (6). Kriteria evaluasi; Kehadiran, kedisiplinan, keaktifan, kemampuan membaca Al-Quran, praktek ibadah. 5). Truble; (1). SDM; diperlukan pengetahuan, sabar, telaten, rajin, dan kesiapan waktu. (2). waktu; masuk 07.00, dengan memasukkan pembiasaan yang harusnya keluar 13.30 kadang lebih. 6). Solution; 1). SDM; Menyeleksi penilaian kinerja guru. 2). waktu; perlu ditingkatkan kedisiplinan siswa dan pendidiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, S. (2007). Ekonomi (P. H. Rizal (ed.)). Erlangga.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Bayu, P. A. (2013). Pelajar Tasikmalaya Terlibat Geng Motor Lakukan Kekerasan, Ini Kata Disdik JABAR. https://rejabar.republika.co.id/berita/s6be2b432/pelajar-tasikmalaya-terlibat-geng-motor-lakukan-kekerasan-ini-kata-disdik-jabar?

Dkk, R. Y. A. (2020). 28 cara Senang Belajar Matematika (C. N. Aprilia (ed.); 1st ed.). Pustaka Rumah Cinta.

E., M. H. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter (D. Ispurwanti (ed.); Edisi 1). PT. Bumi Aksara.

Hasbullah. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Revisi Cetakan ke-12). PT. Raja Grafindo Persada.

Hinggil, S. N. M. P. (2022). Implementasi Manajemen Pendidikan Krakter dalam Upaya Meningkatkan Karakter Siswa Perspektif Islam. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 5 (1), 114–127. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/482/432

Ma’muroh. (2021). Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Humanis & Religius di Sekolah (E. Toto (ed.); Edisi 1). Publika Indonesia Utama.

Malby, R. A. (2023). Heboh Vidio Tak Senonoh di Taman Dadaha, Ketua KNPI: Cambuk bagi Dunia Pendidikan. Kabar Pasundan. https://kabarpasundan.id/heboh-video-tak-senonoh-di-taman-dadaha-ketua-knpi-cambuk-bagi-dunia-pendidikan/

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam (Nur Laily Nusroh (ed.); Ed. I, Cet). Amzah.

Moleong, L. J. (2006). Metodolgi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Nuzulur, R. syafiq M. (n.d.). Implementasi Pendidikan Karakter (Studi Kasus di MA Hasan Jufri Sangkapura Gresik). Universitas Negeri Surabaya (UNESA). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/18141/16537

Octavia Lanny, dkk. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren (Cetakan I). Rumah kitab.

Pythag, N. I. K. (2023). 7 Pelajar Anggota Geng Motor di Tasikmalaya Ditangkap Usai Keroyok 2 Pejalan Kaki. Kompas.Com.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/21/144705178/7-pelajar-anggota-geng-motor-di-tasikmalaya-ditangkap-usai-keroyok-2

Ramayulis. (2006). Ilmu Pendidikan Islam (Cetakan V). Kalam Mulia.

Ramayulis. (2015). Dasar-Dasar Pendidikan (Cetakan I). Radar Jaya Offset.

Ramayulis dan Mulyadi. (2017). Manajemen dan kepemimpinan Pendidikan Islam (Cetakan I). Kalam Mulia.

Samsul, A. (2018). Penanaman Karakter Islami melalui Program Hafalan Takhasus di SD Negeri 3 Gondanglegi Kulon Tahun Ajaran 2017-2018. Rahmatan Lilalamin Journal of Peace Education and Islamic Studies, 1 (1). https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/JRLA/article/download/217/119%0A

Sari., R. T. (2014). Metode Penelitian Kualitatif (Cetakan ke). Ar-Ruzz Media.

Solihin Endang. (2021). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan (Nani Widiawati (ed.); Cetakan I). Fustaka Ellios.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. (Cetakan ke). ALFABETA.

Wahyudi Diki, Adiningsih Pramesti Regita, N. D. A. P. (2021). Manajemen Pembelajaran Karakter Guna Meningkatkan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2 (08), 1313–1319. 248-Article Text-5860-1-10-20221011

Widiawati, N. (2020). Metodelogi Penelitian Komunikasi dan Penyiaran Islam. (E. F. F. Khomaeny (ed.); Cetakan ke). Edu Publisher.

Wijayanti Dewi Euis. (2022). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Nani Widiawati (ed.)). Pustaka Ellios.

Yayat, H. M. (n.d.). Dasar-Dasar Manajemen. PT. Grasindo.

Zulkarnain. (2008). Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam (Manajemen Berorientasi Link and Match) (Zubaedi (ed.); Edisi 1). Pustaka Pelajar.

Published

2024-04-14

Issue

Section

Articles

How to Cite

MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI ISLAM. (2024). Journal of Educational Management Research and Scientific Study, 1(1), 56-65. https://ojs.idipri.or.id/index.php/JEMARI/article/view/33