IMPLEMENTASI STRATEGI PENDIDIKAN DI TK PLUS HANDAYANI KABUPATEN SUMEDANG

Authors

  • Muhammad Hasan Basari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Author
  • Fitri Handayani Universitas Islam Depok (UID) Author
  • Ni'mawati STAI Siliwangi Bandung Author

DOI:

https://doi.org/10.63165/JEMARY.Vol.1.3.12.138

Keywords:

Eucation, Kindergarten

Abstract

Pendidikan anak usia dini di Taman Kanak-Kanak (TK) memiliki peran yang krusial dalam membentuk dasar perkembangan anak sebelum memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pendidikan di TK tersebut, serta mengeksplorasi potensi inovasi dalam pendekatan pendidikan anak usia dini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif, serta Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumen. Kemudian sumber data pada penelitian ini, menggunakan sumber data primer, diantaranya 1). Kepala sekolah, 2). guru 3). siswa. Serta sumber data sekunder (sumber data pendukung), yang diantaranya adalah 1) Dokumen di sekolah sebagai pendukung data primer, sehingga dapat melengkapi dan memperkuat hasil pada penelitian ini. 2) Pendukung penelitian lainnya, diantaranya orangtua siswa, alumni dan masyarakat. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa Implementasi Strategi Pendidikan di TK Plus Handayani dilaksanakan melalui pendekatan yang holistic, dengan adanya kolaburasi para guru dengan orangtua peserta didik, alumni dan masyarakat sekitar. Simpulannya bahwa Kolaborasi yang kuat dan sinergis dalam mengimplementasikan pendidikan, dapat menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung, memperkuat, dan memperluas dampak positif dari strategi pendidikan yang diterapkan.
Kata Kunci: implementasi, strategi, pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Absawati, H. (2020). Telaah sistem pendidikan di Finlandia: Pendidikan terbaik di dunia jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Elementary Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 64–70.

Afifah, D. N., Somantri, S., Anggraeni, H. D., Hartati, I., & Riyadi, M. A. (2023). PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN “AKU CINTA ISLAM” UNTUK ANAK USIA DINI. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/, 51–58. https://ejournal.upi.edu/index.php/RECEP

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bogdan & Biklen. (2009). Qualitative Data Analysis : A Sourcebook of New Methods. California : Sage.

Djaelani AR. (2020). STRATEGI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. CV. Jakad Media Publishing Graha Indah T. 11 Gunung Batu Cimahi Selatan.

Hood, C., & Margetts, H. (2007). The Tools of Government in the Digital Age. Palgrave Macmillan.

M As`ad Nahdly. (2017). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA DAN BERCERITA DI LEMBAGA PENDIDIKAN TK (TAMAN KANAK-KANAK). Jurnal Studi Islam Miyah, 13.

Milles dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.

Nurliyati Rahayu. (2020). Implementation of the marketing mix strategy in the marketing of educational services at TK Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 80–101. https://jurnal.stpi-bim.ac.id/index.php/qurroti/article/view/125

Rizqy Umami dkk. (2018). STRATEGI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DI TK LABORATORI PEDAGOGIA YOGYAKARTA. Universitas Ahmad Dahlan Repository. issn: 2655-6189

Smith, J., & Lewis, K. (2020). “Digital Management Systems in Early Education and Teacher Efficacy.” Early Childhood Research Quarterly, 55, 65-78.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Published

2024-12-16

Issue

Section

Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI STRATEGI PENDIDIKAN DI TK PLUS HANDAYANI KABUPATEN SUMEDANG. (2024). Journal of Educational Management Research and Scientific Study, 1(3), 18-24. https://doi.org/10.63165/JEMARY.Vol.1.3.12.138

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>