IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM KONTEKS MULTIKULTURAL

Authors

  • Eva Dianawati Wasliman Universitas Islam Nusantara Author

DOI:

https://doi.org/10.63165/JEMARY.Vol.1.3.12.137

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk memahami dan menggambarkan bagaimana pendidikan inklusif diimplementasikan dalam lingkungan sekolah yang memiliki ciri-ciri multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan data yang mendalam tentang praktik, kebijakan, dan pengalaman yang terkait dengan pendidikan inklusif di SD Sains Al Biruni Bandung. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data. Metode pengumpulan data melibatkan tiga teknik utama, yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Responden dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru-Guru yang bekerja di SD Sains Al Biruni. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Sains Al Biruni Bandung adalah sekolah inklusif yang menerima siswa dengan berbagai latar belakang budaya, bahasa, dan kebutuhan khusus di lingkungan multikultural. Guru dan orang tua bekerja sama untuk mendukung siswa, meskipun ada tantangan seperti perbedaan budaya, diskriminasi, dan keterbatasan sumber daya. Sekolah mengatasi tantangan ini melalui program multikultural dan pelatihan mendalam bagi guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carlisle, E., Stanley, L., & Kemple, K. M. (2005). Opening doors: Understanding school and family influences on

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan sekolah inklusi di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 147–300.

Liliweri, Alo. (2023). Makna Budaya Dalam Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta: LKiS.

Mardani, Sulistia, H. B. (2020). Identifikasi Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Inklusi SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Universitas Jambi, 1–9. https://repository.unja.ac.id/13961/

Mutch, Carol. and Sandra Collins. Partners in Learning: Schools’ Engagement With Parents, Families, and Communities in New Zealand. School Community Journal, 2012, Vol. 22, No. 1, 168.

Purwanto, Pendidikan Inklusif: Implementasi, Permasalahan, dan Tantangan (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016), 121.

Rahmawati, kik dan Laila Fatmawati. 2015. Penanaman Karakter Toleransi di Sekolah Dasar Inklusi Melalui Pembelajaran Berbasis Multikultural,Prosiding, Jurnal FKIP UN.

Wijaya, S., & Supena, A. (2023). Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 347-357.

Published

2024-12-09

Issue

Section

Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM KONTEKS MULTIKULTURAL. (2024). Journal of Educational Management Research and Scientific Study, 1(3), 7-17. https://doi.org/10.63165/JEMARY.Vol.1.3.12.137